RANCANGAN PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Satuan Pendidikan :
SMA AMZA FOUNDATION
Kelas/ Semester :
I/XII
Alokasi Waktu :
1 x 45 menit
Tugas perkembangan :Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang pendidikan lanjutan
A
|
Topik Permasalahan
|
Pilihan pendidikan Lanjutan(Perguruan
Tinggi)
|
B
|
Kompetensi Dasar
|
Memiliki Pemahaman tentang pilihan pendidikan lanjutan
|
C
|
Bidang bimbingan
|
Karir
|
D
|
Jenis layanan
|
Layanan Informasi
|
E
|
Format Layanan
|
Klasikal
|
F
|
Fungsi Layanan
|
Pemahaman,Pencegahan dan Pengembangan
|
G
|
Tujuan Layanan
|
Tujuan informasi pendidikan lanjutan dan perguruan
tinggi:
1. Peserta
didik mengetahui tentang pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi(jenis
pendiddikan lanjutan)
2. Peserta didik memahami pentingnya pendidikan lanjutan
dan perguruan tinggi
3. Mengetahui fakultas dan jurusan/prodi yang ada
diperguruan tinggi
4. Peserta didik dapat membuat keputusan tentang
pendidikan lanjutan yang akan di jalani.
|
H
|
Sasaran layanan
|
Siswa kelas XII
|
I
|
Uraian kegiatan
1.
Strategi
penyajian/metode
|
Ceramah
Tanya jawab
|
2.
Materi
|
1.
Pendidikan
lanjutan dan perguruan tinggi
2.
Peranan pendidikan lanjutan
3.
Jenis-jenis pendiikan lanjutan dan perguruan tinggi
4.
Jurusan/prodi di perguruan tinggi
|
|
3.
Uraian
materi
|
1.Pendidikan
lanjutan dan perguruan tinggi: Akper,Akbid,UNSYIAH,UIN IAIN UNMUHA,SERAMBI,Sekolah
Tinggi Ilmu komputer,Menejemen,LP3AI.
2. Jalur
masuk pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi: USMU,SNMPTN,UMB.
3. Waktu
menempuh pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi: Akhir semester V,menjelang
UN (Februari),Setelah UN,Sesuai Kebijakan Perguruan tinggi.
4.
Hal
yang perlu dipersiapkan untuk menempuh pendidikan lanjutan:
a.tentukan
cita-cita
b.pilih
program studi dan perguruan tinggi yang sesuai cita-cita.
|
|
J
|
Kegiatan pelayanan
1.
Kegiatan
awal/pendahuluan
|
·
Pembukaan
5 menit
·
Mengabsen
peserta didik
·
Berdoa
·
Mengajukan
pertanyaan kepada peserta didik
1.
Apakah
peserta didik pernah memikirkan pendidikan lanjutan?
2.
Apakah
peserta didik mengetahui prodi yang akan di ambil di perguruan tinggi?
|
2.
Kegiatan
inti
|
Kegiatan inti dilakukan selama 30 menit :
Guru dan peserta didik tanya jawab mengenai pendidikan
lanjutan dan perguruan tinggi
|
|
3. Kegiatan akhir/ penutup
|
Kegiatan penutup
dilakukan selama 10 menit:
·
Menyimpulkan
materi yang telah disajikan
·
Bertanya/ memberikan kesempatan pada siswa untuk
bertanya
·
Penugasan
|
|
K
|
Tempat penyajian
|
Ruang kelas XII
|
L
|
Waktu
|
1 x 45 menit
|
M
|
Penyelenggara layanan
|
Guru BK
|
N
|
Pihak yang disertakan
|
-
|
O
|
Media dan bahan yang digunakan
|
Spidol, papan tulis, Laptop/ LCD
|
P
|
Penilaian
1.
Penilaian
awal
2.
Penilaian
proses
3.
Penilaian
hasil
a.
Laiseg
b.
Laijapen
c.
Laijapang
|
· Masih
ada siswa yang seperti bingung terhadap pendidikan lanjutan dan perguruan
tinggi
· Masih
ada siswa yang kurang memperhatikan materi selama proses pemberian informasi
berlangsung
· Siswa memahami pendidikan lanjutan dan perguruan
tinggi.
· Siswa dapat mempersiapkan dirinya untuk menempuh
pendidikan lanjutan.
· Siswa dapat menjalani
pendidikan lanjutan di perguruan tinggi dengan jurusan yang sesuai dengan
dirinya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar