Sabtu, 04 Januari 2014

RPLBK/SATUAN LAYANAN

RANCANGAN PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Satuan Pendidikan                 : SMA AMZA FOUNDATION
Kelas/ Semester                     : I/XII  
Alokasi Waktu                       : 1 x 45 menit
Tugas perkembangan             :Mencapai kematangan gambaran dan sikap tentang  pendidikan lanjutan


A
Topik Permasalahan
Pilihan pendidikan Lanjutan(Perguruan Tinggi)
B
Kompetensi Dasar
Memiliki Pemahaman tentang pilihan pendidikan lanjutan
C
Bidang bimbingan
Karir
D
Jenis layanan
Layanan Informasi
E
Format Layanan
Klasikal
F
Fungsi Layanan
Pemahaman,Pencegahan dan Pengembangan
G
Tujuan Layanan
Tujuan informasi pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi:
1. Peserta didik mengetahui tentang pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi(jenis pendiddikan lanjutan)
2. Peserta didik memahami pentingnya pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi
3. Mengetahui fakultas dan jurusan/prodi yang ada diperguruan tinggi
4. Peserta didik dapat membuat keputusan tentang pendidikan lanjutan yang akan di jalani.
H
Sasaran layanan
Siswa kelas XII
I
Uraian kegiatan
1.      Strategi penyajian/metode

Ceramah
Tanya jawab
2.      Materi
1.      Pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi
2.      Peranan pendidikan lanjutan
3.      Jenis-jenis pendiikan lanjutan dan perguruan tinggi
4.      Jurusan/prodi di perguruan tinggi
3.      Uraian materi
1.Pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi: Akper,Akbid,UNSYIAH,UIN IAIN UNMUHA,SERAMBI,Sekolah Tinggi Ilmu komputer,Menejemen,LP3AI.
2.   Jalur masuk pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi: USMU,SNMPTN,UMB.
3.    Waktu menempuh pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi: Akhir semester V,menjelang UN (Februari),Setelah UN,Sesuai Kebijakan Perguruan tinggi.
4.      Hal yang perlu dipersiapkan untuk menempuh pendidikan lanjutan:
a.tentukan cita-cita
b.pilih program studi dan perguruan tinggi yang sesuai cita-cita.


J
Kegiatan pelayanan
1.      Kegiatan awal/pendahuluan
·         Pembukaan 5 menit
·         Mengabsen peserta didik
·         Berdoa
·         Mengajukan pertanyaan kepada peserta didik
1.      Apakah peserta didik pernah memikirkan pendidikan lanjutan?
2.      Apakah peserta didik mengetahui prodi yang akan di ambil di perguruan tinggi?
2.      Kegiatan inti
Kegiatan inti dilakukan selama 30 menit :
Guru dan peserta didik tanya jawab mengenai pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi
3.   Kegiatan akhir/ penutup
Kegiatan penutup dilakukan selama 10 menit:
·         Menyimpulkan materi yang telah disajikan
·         Bertanya/ memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya
·         Penugasan

K
Tempat penyajian
Ruang kelas XII
L
Waktu
1 x 45 menit
M
Penyelenggara layanan
Guru BK
N
Pihak yang disertakan
-
O
Media dan bahan yang digunakan
Spidol, papan tulis, Laptop/ LCD
P
Penilaian
1.      Penilaian awal

2.      Penilaian proses


3.      Penilaian hasil
a.       Laiseg

b.      Laijapen

c.       Laijapang

·       Masih ada siswa yang seperti bingung terhadap pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi
·    Masih ada siswa yang kurang memperhatikan materi selama proses pemberian informasi berlangsung

·       Siswa memahami pendidikan lanjutan dan perguruan tinggi.
·  Siswa dapat mempersiapkan dirinya untuk menempuh pendidikan lanjutan.
·    Siswa dapat menjalani pendidikan lanjutan di perguruan tinggi dengan jurusan yang sesuai dengan dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar